Rabu, 23 Maret 2011

Makna Al ahruf Al Muqotto'ah


oleh Tamami Rusdi pada 24 Februari 2011 jam 18:07
Dalam Al Qur'an ada banyak surat yang di buka dengan hanya menyebutkan  huruf-huruf Hijaiyyah yang tidak bersyakkal (harokat) seperti Alif Lam Mim yang ada di awal Surat Albaqoroh, atau Ya Sin di awal surat Yasin, dan ada banyak lagi surat yang di awali dengan huruf yang terpotong-potong bacaan nya (karena tidak di washol /sambung dengan huruf berikut nya) dalam ilmu tafsir hal ini sering di sebut dengan istilah: Al ahruf Al muqotto'ah. seperti Alif Lam Ro, Alif Lam Shod,Kha Mim, Kaf Ha Ya 'Ain Shod,  dan lain-lain.

Para Mufassir Klasik ada yang lebih memilih diam  (sukut) untuk mengambil jalan yang lebih aman dan menyerahkan hal ini menjadi rahasia Tuhan sebagai Dzat yang paling tahu semua kehendak (Irodah) nya. Karena memang ada banyak rahasia Allah yang tidak bisa di jangkau oleh akal dan kuasa manusia. Menyadari akan hal ini maka para mufassir ada yang berkesimpulan bahwa semua itu adalah rahasia Tuhan.Namun ada beberapa dari Al ahruf Almuqotto'ah itu di maknai sebagai salah satu dari sekian banyak nama kanjeng nabi Muhammad, seperti Yasin,dan  Khamim itu ada sebagian ulama' yang mengartikan nya sebagai salah satu panggilan Nabi.

Kemudian di antara Ulama  ada juga yang memaknai Al ahruf Al muqotto'ah ini sebagai bagian dari cara Allah untuk menarik perhatian orang arab, dan menggelitik keingin tahuan mereka terhadap isi dari kandungan Alqur'an. dengan cara menggunakan kata-kata yang tidak lazim di gramatika bahasa arab karena terdiri dari beberapa huruf yang tidak washol (nyambung dengan harokat dengan huruf berikut nya),dengan demikian mereka akan tertarik untuk berpaling kepada Alqur'an dan mempelajari isi nya, yang menjadi mu'jizat paling utama bagi Kanjeng Nabi Muhammad saw.Karena memang pada saat itu keutamaan orang arab di ukur dari kemampuan berbahasa nya yang indah, dalam syair dan lain-lain. Sehingga dengan cara ini Allah ingin menunjukkan pada masyarakat arab bahwa ALqur'an lebih indah,unggul dan menarik di banding karya mereka.karena memang yang di maksud dengan mu'jizat adalah: melemahkan dari akar kata A'jaza - Yu'jizu -I'jazan.

Menurut kami Al ahruf Al muqotto'ah kalau dalam konteks modern seperti sekarang ini, seperti PASSWORD dalam dunia IT.Password adalah beberapa digit huruf atau angka yang menjadi "entrance gate" atau pintu gerbang (palang pintu) untuk memasuki area yang harus di jaga,dan di amankan.Bagi orang yang mengerti IT maka akan tahu betapa penting nya sebuah password di dalam setiap file, yang harus di jaga keamanan nya.Password bukan hanya sekedar beberapa digit dari huruf atau angka yang tidak berarti sama sekali, namun justru sebalik nya memiliki arti penting dalam ilmu elektronik.dan kebanyakan password memang hanya di ketahui oleh si pemilik dan pembuat password itu. Begitu juga Alahruf Almuqotto'ah yang menjadi pembuka beberapa ayat di dalam Alqur'an juga menjadi pintu masuk untuk mengarungi lautan hikmah dan ilmu pengetahuan yang di kandung di dalam masing-masing surat.

Sehingga keberadaan nya menjadi sangat penting meskipun sekilas hanya terdiri dari beberapa huruf yang terputus-putus dan tidak memiliki arti secara bahasa (lughotan) karena memang tidak terangkai seperti kalimat dalam bahasa arab yang lazim di pakai oleh bangsa Arab pada umum nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar