Kamis, 31 Maret 2011

Letak Surga Di Mana?...

Suatu hari saat mengajar mahasiswa di Pasca sarjana di UGM, Prof. DR. Damardjati Supadjar (Pakar filsafat Islam Jawa)  sedang menjelaskan mengenai surga dan neraka, namun beliau melihat gelagat yang tidak baik dari mahasiswa nya, mereka kurang semangat mengikuti mata kuliah yang di bawakan oleh beliau. Malah ada beberapa mahasiswa yang kelihatan ogah-ogahan mendengarkan ceramah beliau. Menyadari hal ini, maka sang Profesor tidak kurang akal untuk memancing semangat dari murid-murid nya di kelas itu. Mulailah keisengan beliau, namun di awali dengan gaya yang sok serius, sambil membuat sebuah pertanyaan sederhana, "Berbicara mengenai Surga, saya  punya sebuah pertanyaan, di manakah letak surga itu?"  Begitu tanya Pak Profesor ini.  Tentu nya ini pertanyaan kelakar, demi memancing penasaran dari mahasiswa nya.

Mendengar pertanyaan yang sangat mudah ini maka para mahasiswa dulu-duluan untuk mengacungkan jari nya untuk menjawab, Maka di persilahkan mereka satu persatu untuk menjawab pertanyaan dari nya, "Prof, Surga ada di telapak kaki ibu", Kata salah seorang mahasiswa di sudut ruangan, "kurang tepat", sanggah pak Damardjati, sambil mesam - mesem. Lalu di lanjutkan pada seorang mahasiswa lagi, dia menjawab:"Surga ada di alam baqa". "salah mas,jawaban nya" sanggah profesor lagi. Kemudian ada lagi yang menjawab: "Surga ada di atas langit ke tujuh". "Masih kurang tepat dik". Kata pak Damardjati lagi. Akhir nya semua nya menyerah dengan tebakan dari pak Kiai ini.

Setelah semua bungkam, maka profesor menjawab sendiri pertanyaan nya, "Wah kalian ini kebangetan, mosok pertanyaan begitu saja tidak bisa di jawab". Pancing nya, merasa di ledek seperti itu akhir nya mahasiswa kemballi antusias mendengar dan menunggu jawaban dari pak profesor nya. "Surga itu ada di pangkal paha ibu"  terang pak Profesor, membuka tabir dari pertanyaan nya. Mendengar jawaban yang tidak di duga-duga ini maka seluruh isi kelas tertawa  gerrrrr..... dan akhir nya kembali semangat lagi. ono-ono wae......

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar